Tips Supaya Bisa Tetap Sejuk Meskipun Traveling ke Negara yang Sangat Panas

Tips Supaya Bisa Tetap Sejuk Meskipun Traveling ke Negara yang Sangat Panas

Trivoru.com /

Traveling adalah kegiatan yang dilakukan orang-orang untuk beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Biasanya, luar negeri menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang ingin mencari suasana baru. Namun ternyata, selain suasana baru di luar negeri yang pastinya menarik untuk dirasakan, kadang cuaca di sana malah lebih panas daripada di Indonesia. Nah, supaya tidak kaget dan bisa tetap merasa adem meskipun cuaca sedang panas, mari simak tips di bawah ini…


Minum air yang banyak

Hasil gambar untuk drink water

Tubuh kita terdiri dari sekitar 80%  cairan, karena itulah mempertahankan kandungan air di dalam tubuh dengan cara meminum banyak air menjadi hal yang sangat penting. Selain itu, keringat akan keluar dari tubuh ketika tubuh merasa panas, baik karena sedang olahraga maupun cuaca yang panas. Maka dari itulah, kita harus selalu mempertahankan suhu tubuh agar tetap dingin dengan cara meminum banyak air mineral.


Gunakan pakaian yang nyaman

Ketika cuaca sedang panas, jenis pakaian yang ketat dan panjang, apalagi jika tidak menyerap keringat harus dihindari. Selain itu pilih pakaian yang terbuat dari bahan katun, karena selain tipis dan adem, katun bisa menyerap keringat. Dengan menggunakan baju dari katun, tak hanya tubuh merasa adem, kita juga bisa menghindari kemungkinan mengeluarkan bau badan yang tidak enak karena mengeluarkan banyak keringat. 


Bawa kipas baterai kecil

Hasil gambar untuk kipas baterai kecil

Saat ini kipas elektronik berukuran sangat kecil sudah menjamur. Banyak sekali online shop yang menjual barang ini. Mulai dari yang harganya murah, hingga yang harganya mahal. Bentuk kipas yang dijualpun bervariasi. Ada yang simpel, lucu, imut, dan masih banyak lagi. Bahkan ada pula kipas yang mengeluarkan air, supaya bisa membuat kita merasa lebih sejuk. Apapun jenisnya kipas ini bawa dan manfaatkan ketika cuaca sedang sangat panas. Biasanya pula, cara mengisi baterai kipas ini mudah, yaitu dengan mencolokkan kipas ke powerbank atau ke listrik seperti ketika charge HP.


Pilih makanan yang segar

Hasil gambar untuk sayur dan buah

Selain minum air putih untuk menambah cairan dalam tubuh, memilih makanan yang segar untuk dikonsumsi juga akan menolong kita untuk menghadapi cuaca yang panas. Ketika musim panas, pilihlah makanan yang segar seperti buah dan sayuran. Apalagi kalau mengonsumsi buah dan sayurannya langsung dari kulkas, ketika masih dingin. 


Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi

Ketika matahari bersinar terik, pastikan bahwa tubuh terlindungi dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Jika memungkinkan, pilih sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi. Jumlah SPF pada sunscreen disarankan lebih dari 30. Nah selain itu, pilih juga sunscreen yang memiliki cooling effect. Artinya, kalau dioles ke tubuh akan ada sensasi dingin dari sunscreen tersebut supaya meskipun cuaca panas, badan tetap terasa dingin.


Berlindung di bawah bayangan

Ketika sedang berada di luar ruangan dan matahari bersinar sangat terik, cari tempat untuk berteduh. Pilihan tempat itu bisa di bawah pohon, gedung, atap, dan masih banyak lagi. Berteduh di bawah objek besar bisa melindungi kepala kita supaya tidak terekspos langsung dengan sinar matahari. Namun jika tidak ada tempat untuk berteduh, memakai topi dan payung bisa menjadi pilihan alternatif. Supaya terlihat keren, pilih topi dengan desain yang modis. Selain terlihat seperti fashionista, setidaknya kepala tidak terekspos langsung dengan panasnya sinar matahari.